Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Online Shop

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Online Shop

Printaugustcalendar –┬áMembuka toko online e-commerce itu mudah, Anda hanya perlu mendaftar dan dalam hitungan menit toko online Anda siap untuk ditayangkan. Anda tidak perlu modal besar, Anda tidak perlu karyawan, dan Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana mendanai semua biaya operasional tersebut.

Namun, meski mudah, bukan berarti Anda lalai saat membuka toko online. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan sebelum membuka toko online tanpa modal!

1. Rencanakan semuanya dengan cermat

Sebagai pemula, Anda perlu merencanakan semuanya dengan matang. Mulai dari produk yang akan dijual, kualitasnya, harganya, sistem pengirimannya seperti apa, promosi apa yang akan dilakukan, juga kendala yang akan muncul dan cara mengatasinya.

Sayangnya, banyak orang yang terburu-buru membuka toko online tanpa perencanaan yang matang dan hanya tergiur dengan keuntungan. Padahal perhitungan dan perencanaan sangat penting. Hitung semuanya dengan baik, sehingga lusa, saat toko buka, semuanya lancar dan di bawah kendali Anda.

2. Pilih produk yang berkualitas

Di toko online kita memiliki kebebasan untuk menjual apapun yang kita inginkan. Dari barang biasa seperti baju, buku, tas, dan sepatu, hingga berbagai barang aneh dan unik yang sedang viral saat ini.

Namun Anda juga tidak boleh gegabah dalam memilih apa yang akan digunakan, karena Anda tahu kualitasnya. Beli produk dari pengecer tepercaya, atau bahkan lebih baik, dari pengecer online.

Misalnya jika Anda ingin menjual make up, maka belilah produk dari reseller resmi karena reseller resmi hanya akan menjual produk asli dengan kualitas yang dapat diandalkan. Hindari membeli produk dari reseller yang menawarkan harga yang terlalu murah, karena produk yang dijual adalah produk palsu yang kualitasnya sangat buruk.

3. Pikirkan tentang strategi pemasaran

Yang namanya jualan tentunya perlu dipromosikan agar masyarakat mengetahuinya. Apalagi jika toko online Anda masih baru. Padahal, promosi dari toko online jauh lebih mudah daripada toko offline.

Di toko online kamu bisa melakukan promosi di jejaring sosial, kamu juga bisa melakukan undian untuk menarik pembeli. ini semua bisa dilakukan dengan menggunakan layanan affiliasi atau jika anda memiliki uang lebih bisa menggunakan jasa selebriti yang memiliki ribuan pengikut.

Selain berpromosi di jejaring sosial, jangan lupa juga untuk berpromosi di akun e-commerce Anda. Mulai dari pemberian kupon cash back, potongan harga hingga gratis ongkos kirim bagi pelanggan yang telah melakukan pembelian total di atas jumlah tertentu.

Strategi pemasaran sangat penting, karena dengan melakukan strategi seperti ini, toko online Anda akan dikenal lebih banyak orang. Apalagi jika kualitas produk yang Anda jual benar-benar bagus, pembeli pasti akan antre untuk melihat barang belanjaan di toko Anda.

4. Buka toko

Membuat rencana, memilih produk, dan melakukan brainstorming strategi pemasaran sampai Anda pusing tidak akan ada gunanya jika Anda tidak segera membuka posisi. Setelah semua rencana siap, segera daftarkan toko di situs e-commerce. Untuk cakupan yang lebih luas, buka tidak hanya satu toko di satu e-commerce, tetapi di beberapa e-commerce sekaligus.

Selain membuat toko online, Anda juga harus segera membuat jejaring sosial karena dengan jejaring sosial tersebut Anda dapat berpromosi. Daftarkan toko online Anda di berbagai jejaring sosial seperti Instagram, TikTok dan Facebook.

5. Proses pengiriman

Selain promosi, proses pengiriman juga menjadi salah satu hal terpenting. Pengiriman yang lambat dan biaya pengiriman yang tidak murah akan menyebabkan pembeli berhenti membeli produk dari toko online Anda.

Untuk menghindari hal ini, Anda dapat menawarkan beberapa opsi pengiriman dan bahkan menawarkan promosi pengiriman gratis bersyarat, seperti pengiriman gratis untuk pembelian di atas jumlah tertentu. Untuk menutupi biaya pengiriman yang harus Anda tanggung, Anda bisa sedikit menaikkan harga produk yang dijual.

Lainnya:

Cara meningkatkan brand awareness