Hasil Piala Asia 2023, Keuntungan Timnas Indonesia

Hasil Piala Asia 2023 membuat keberhasilan akan Tajikistan lolos ke putaran 16 besar menemani Qatar sang juara di grup A. Dan Timnas China berakhir pada peringkat ketiga. Pada grup A Piala Asia 2023 dipertandingan Qatar melawan China pada Senin 22 Januari 2024, dan berakhir di skor 1-0. Hal ini menguntungkan Timnas Indonesia, berikut penjelasannya adalah

Qatar sebagai tuan rumah telah memastikan Timnas Qatar sebagai juara pada grup A dengan catatan yang sangat baik dengan selalu menang pada tiga laga. Pertandingan Timnas Qatar dan Timnas China yang berlangsung di Stadion Khalifa International.

Dan kemenangan Timnas Qatar atas China ini dibuktikkan dengan gol yang spektakuler Hassan Al Haydos di menit ke 66. Tanpa memakai kontrol Al Haydos langsung menangkap operan dari Akram Afif melalui tendangan penjuru.

Dipertandingan lain pada grup A, Tajikistan memastikan Timnasnya masuk mendampingi Timnas Qatar untuk lolos di 16 besar Piala Asia 2023 sebagai runnerup, atas raihan empat poinnya.

Di pertandingan selanjutnya antara Timnas Tajikistan melawan Lebanon yang diselenggarakan di Stadion Jassim Bin Hammad pada hari senin 22 Januari 2023 dengan perolehan skor 2-1.

Bassel Jradi membawa Timnas Lebanon unggul terlebih dahulu di menit ke 47 melalui tendangan di luar kotak pinalti. Tendangan Jradi ini akhirnya bersarang di sudut kanan di gawang Tajikistan, namun setelah sepuluh menit berlangsung tekanan pun berubah ke arah Lebanon.

Timnas Lebanon pun harus melanjutkan pertandingan dengan pemain yang berjumlah 10 karena Kassem Al Zein mendapatkan kartu merah. Sebelumnya wasit telah berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memberikan kartu merah dengan VAR atau video assistant referee.

Tajikistan yang sempat membuat jala Lebanon kebobolan di menit ke 69 melalui tendangan Alisher Dzhalilov. Akan tetapi VAR menyatakan bahwa tendangan tersebut tidak sah. Dan gol yang dinantikkan oleh Tajikistan pun akhirnya datang di menit ke 80.

Tendangan dari Parvizdzhon Umarbayev yang telah menyamakan kedudukannya dengan skor menjadi 1-1. Dan di menit-menit terakhir atau injury time Tajikistan berhasil menambah gol berkat tendangan dari Nuriddin Khamrokulov dimenit ke 92, sehingga berhasil mengungguli dan sekaligus menjadi pemenangnya dengan skor 2-1.

Hal ini menyebabkan Tajikistann menggeser kedudukan China dari tangga kedua. Dan China juga turun ke peringkat ketiga grup A dikarenakan hanya mendapatkan dua angka. Dan hasil dari kombinasi ini semua akhirnya membuat keuntungan bagi Timnas Indonesia.

Ini dikarenakan posisi Indonesia pada empat teratas klasemen peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2023 masih dijaga. Ini juga dapat dipastikan bahwa tim peringkat ketiga dari grup A, dan China tidak akan mungkin dapat menyalip Timnas Indonesia pada klesemen peringkat ketiga terbaik.

Timnas Indonesia juga disisi lain harus masih main dan menjaga permainannya pada saat melawan Timnas Jepang, pada Rabu 24 Januafi 2024. Dan saat ini masih berada diposisi dua terbaik hasil klasemen peringkat ketiga terbaik pada Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia pun berhasil mengumpulkan tiga poin, yang ada dibawah Bahrain yang memiliki hasil dari angka, selisih gol, dan produktivitas yang sama. Namun pada aspek superior disciplinary points.

China yang berada diposisi ketiga klasemen peringkat ketiga terbaik dari Piala Asia 2023 atas hasil dua poin, akan tetapi posisi ini sangat rawan tergeser karena masih beberapa Tim negara lain akan bertanding di klesemen peringkat ketiga terbaik di satu partaiĀ  lagi.