Tips Wawancara Kerja Online Agar Lolos

Tips Wawancara Kerja Online Agar Lolos

Printaugustcalendar –¬†Wawancara kerja online adalah salah satu langkah terpenting dalam proses perekrutan karyawan. Saat ini wawancara sering dilakukan secara online karena wawancara kerja online memiliki kelebihan yaitu calon karyawan tidak perlu datang ke perusahaan untuk sesi wawancara.

Ini pasti akan menguntungkan kedua belah pihak karena dapat mengurangi biaya yang terlibat dalam proses perekrutan. Perusahaan dapat mewawancarai kandidat dari kota lain dan bahkan negara lain.

1. Siapkan koneksi internet yang stabil dan alat pendukung lainnya

Saat Anda menerima undangan untuk wawancara online, Anda memerlukan koneksi internet dan tim dukungan. Koneksi internet sangat diperlukan karena apapun yang dilakukan secara online atau offline pasti membutuhkan koneksi internet.

Koneksi internet diperlukan, tetapi tidak semua koneksi internet dapat digunakan. Gunakan koneksi Internet yang memberikan akses lancar, stabil, dan cepat. Anda dapat menggunakan wifi Anda di rumah.

Jika tidak ada Wi-Fi rumah atau Wi-Fi rumah tidak didukung, Anda dapat menemukan lokasi lain yang memiliki kecepatan internet yang didukung.

Selain menggunakan wifi, Anda dapat menggunakan pulsa data ponsel Anda dengan menghubungkan. Sebelum memutuskan untuk menggunakan pulsa, pastikan Anda memiliki kuota yang cukup untuk melakukan video call. Jika Anda tidak yakin apakah kuota Anda cukup untuk melakukan panggilan video, Anda harus membeli pulsa data terlebih dahulu.

Selain Wi-Fi, berbagai perlengkapan lain seperti laptop, smartphone atau tablet juga dibutuhkan. Cobalah melakukan wawancara kerja secara online menggunakan laptop karena lebih nyaman dan jika Anda memerlukan beberapa file nanti, Anda siap melakukannya.

Pastikan peralatan yang Anda gunakan terisi penuh. Meski baterai sudah penuh, Anda tetap perlu menyiapkan charger untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, Anda juga harus memiliki aplikasi yang digunakan untuk melakukan wawancara online.

2. Kenakan pakaian formal

Wawancara kerja online tidak dilakukan di kantor dan Anda dapat melakukannya di mana saja. Meski begitu, saat wawancara online, Anda harus selalu mengenakan pakaian formal.

Pakaian formal yang dimaksud tidak harus jas, tetapi Anda bisa mengenakan pakaian yang bersih dan mengkilap seperti kemeja, celana panjang, dan dasi. Untuk wanita, Anda bisa mengenakan blazer, dress, atau apapun yang membuat Anda terlihat lebih rapi dan profesional.

Ingatlah bahwa sebelum Anda mengenakan pakaian pilihan Anda, Anda perlu memastikan pakaian Anda rapi atau tidak. Jika tidak bersih, Anda perlu menyetrikanya. Selama wawancara online, perekrut hanya akan melihat setengah dari tubuh Anda di layar.

Meski begitu, Anda tetap memakai celana atau rok yang dipoles. Pakaian Anda yang sopan dan profesional akan memberikan kesan pertama yang positif pada perekrut.

3. Menyiapkan Tempat untuk Wawancara Kerja Online

Selama wawancara kerja online, Anda dapat memilih tempat yang Anda suka. Namun, Anda harus memilih tempat yang nyaman. Wawancara kerja online biasanya singkat, jadi pilihlah posisi duduk yang nyaman.

Selain itu, pilihlah lokasi yang tidak bising agar Anda dapat mendengar pertanyaan perekrut dengan baik, serta perekrut yang dapat mendengar jawaban Anda dengan baik.

Anda perlu memastikan bahwa tempat di mana Anda akan mewawancarai tidak terlalu ramai sehingga Anda tidak keberatan. Jika Anda melakukan wawancara kerja online di kamar tidur Anda, Anda dapat memberi tahu anggota keluarga Anda untuk tidak mengganggu Anda.

Latar belakang yang Anda gunakan harus sederhana. Perhatikan kondisi dan kebersihan benda atau ruang di belakang Anda.

4. Penyesuaian pencahayaan

Selain latar belakang yang sederhana, usahakan memiliki penerangan yang cukup tempat Anda melakukan wawancara kerja secara online. Pernahkah Anda mendengar istilah lampu latar?

Backlight adalah kondisi dimana saat mengambil foto, sumber cahaya berada di belakang. Lampu latar membuat wajah Anda tidak terlihat sehingga Anda hanya bisa melihat siluetnya.

Karena itu, agar hal ini tidak terjadi, Anda perlu mengatur pencahayaan. Jangan sampai wajah Anda tidak terlihat jelas oleh perekrut. Perekrut perlu melihat wajah Anda karena mereka ingin membaca ekspresi Anda;

Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, Anda bisa melakukan wawancara kerja di depan jendela atau meletakkan lampu di kiri dan kanan.

5. Melihat Kamera Bukan ke Arah Monitor

Saat melakukan wawancara kerja online, Anda perlu fokus pada kamera, bukan layar monitor. Jika pandangan Anda diarahkan ke kamera, pandangan Anda akan lebih terfokus seolah-olah Anda sedang melihat seorang perekrut.

Jangan biarkan kesalahpahaman komunikasi terjadi sehingga pewawancara akan menganggap Anda kasar atau tidak sopan.

Juga, jangan khawatir tentang penampilan Anda sendiri di depan kamera, bahkan jika perekrut melihat seseorang mengobrol dengan Anda. Jadi fokuslah pada kamera laptop atau ponsel Anda.

Sumber:

Blitarkota

cara menanyakan gaji lewat chat